Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pelajaran Bahasa Arab dengan Tema Rihlah (Perjalanan)


Materi pembelajaran bahasa Arab dengan tema rihlah atau perjalanan ini merupakan salah satu materi yang dipelajari sebagai bahan pengetahuan dalam menganal bahasa Arab. Pelajarilah materi tersebut kemudian jawablah pertanyaan pada latihan.


A. Kompetensi Dasar


3.1 Mengidentifikasi bunyi, makna kalimat, gagasan, unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya bahasa Arab yang berkaitan dengan topik: baik secara lisan maupun tertulis (Pengetahuan)

4.1 Mengungkapkan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik: الرِّحْلَة (Perjalananan/Wisata), dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks


B. Indikator Pencapaian Kompetensi


3.1.1 Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar

3.1.2 Menentukan benar/salah ujaran yang didengar

3.1.3 Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru/ sulit

3.1.4 Mengidentifikasi tarkib istisna dalam wacana teks


4.1.1 Menceritakan keadaan/ kegiatan sesuai konteks dengan

4.1.2 Melakukan percakapan sesuai konteks dengan kalimat yang menggunakan tarkib istisna


C. Tujuan Pembelajaran


Setelah Proses Kegiatan Pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat:


  1. Menentukan tulisan (kata, frasa atau kalimat ) yang benar  sesuai dengan ungkapan yang didengar.
  2. Menentukan benar/salah ujaran yang didengar.
  3. Melafalkan kosa kata-kosa kata baru/ sulit.
  4. Menceritakan keadaan/ kegiatan sesuai konteks
  5. Melakukan percakapan sesuai konteks


D. Materi Pembelajaran


1. Kosa Kata



2. Percakapan (الحِوَارُ)


a. Percakapan Pertama (الحِوَارُ الأَوَّلُ)



أَحْمَدُ : اِقْتَرَبَتِ العُطْلَةُ يَا أَبِي

Ahmad: liburan telah dekat, Ayahku


الأَبُ : مَا رَأْيُكِ يَا نَدَى ؟ إِلَى أَيْنَ نُسَافِرُ ؟

Ayah: Nada, apa pendapatmu? Kemana kita akan pergi?


نَدَى : لَدَيَّ فِكْرَةٌ ، نُسَافِرُ إِلَى مِصْرَ

Nada: Aku punya ide, kita pergi berlibur ke mesir


أَحْمَدُ : لِمَاذَا نُسَافِرُ إِلَى مِصْرَ ؟

Ahmad: Mengapa kita pergi ke Mesir?


نَدَى : لِنَرَى مِصْرَ وَ نَهْرَ النِّيْل وَ أَبُو الْهَوْل وَ هَرَم إلّا قَرْيَة السَّمَاحَة

Nada: Untuk melihat Mesir, sungai Nil, Spinks, dan Piramida, kecuali desa Al Samahah


أَحْمَدُ : مُوَافِقٌ، فِكْرَةٌ طَيِّبَة

Ahmad: Aku setuju, (itu) ide bagus.


الأَبُ : كَيْفَ نُسَافِرُ إِلَى مِصْرَ ؟

Ayah: Bagaimana kita pergi ke Mesir?


نَدَى : نُسَافِرُ بِالطَّائِرَة

Nada: Kita pergi dengan pesawat udara.


الأَبُ : السَّفَرُ بِالطَّائِرَة غَالٍ

Ayah: Perjalanan dengan pesawat mahal.


أَحْمَدُ : إِذَنْ، نُسَافِرُ بِالبَحْرِ غَيْر بِالطَّائِرَة. السَّفَرُ بِالبَحْرِ رَخِيْصٌ

Ahmad: Kalau begitu kita pergi dengan kapal laut, tanpa pesawat. Pergi dengan kapal lebih murah.


الأَبُ : كَمْ يَوْمًا سَنَقْضِي فِي مِصْرَ ؟

Ayah: Berapa hari kita habiskan (liburan) di Mesir ?


نَدَى : سَبْعَةَ أَيَّامٍ

Nada: Tujuh hari.


الأَبُ : سَبْعَةُ أَيَّامٍ ... سَبْعَةُ أَيَّامٍ ... جَمِيْلٌ، نُسَافِرُ يَوْمَ السَّبْتِ. إِنْ شَاءَ اللهُ

Ayah: Tujuh hari...Tujuh hari...bagus! Kita akan pergi hari Sabtu, insyaAllah.


أَحْمَدُ وَنَدَى : شُكْرًا لَكَ يَا أَبِي

Ahmad & Nada: Terima kasih ayahku.


b. Percakapan Kedua (الحِوَارُ الثَّانِيُّ)


المُدَرِّسُ : أَيْنَ سَتَقْضُوْنَ عُطْلَةَ الصَّيْفِ يَا أَبْنَائِي ؟ إِلَى أَيْنَ سَتَذْهَبُ أَنْتَ ؟

Guru: Anak-anakku, dimana kalian akan mengisi liburan musim panas?


الطَّالِبُ الأَوَّلُ : سَأَقْضِي عُطْلَةَ الصَّيْفِ فِي القَرْيَةِ مَعَ جَدِّي؛ المَكَانُ هُنَاكَ هَادِئٌ وَالهَوَاءُ نَقِيٌّ.

Murid Pertama : Aku akan mengisi liburan musim panas di desa bersama kakekku; di sana tempatnya tenang, dan udaranya bersih.


الطَّالِبُ الثَّانِي : سَأَقْضِي عُطْلَةَ الصَّيْفِ فِي العَاصِمَةِ مَعَ عَمِّي؛ سَأَزُوْرُ المَكْتَبَاتِ وَالمَتَاحِفِ 

Murid Kedua: Aku akan mengisi liburan musim panas di ibukota bersama pamanku; aku akan mengunjungi berbagai perpustakaan dan museum


الطَّالِبُ الثَّالِثُ : سَأَقْضِي عُطْلَةَ الصَّيْفِ بَيْنَ الجِبَالِ مَعَ فَرِيْقِ الجَوَّالَةِ

Murid Ketiga: Aku akan mengisi liburan musim panas di pegunungan bersama tim petualangan.


الطَّالِبُ الرَّابِعُ : سَأَقْضِي العُطْلَةَ فِي مَكَّةَ وَالمَدِيْنَةِ مَعَ أُسْرَتِي عَدَا أَصْحَابِيْ. سَنَعْتَمِرُ، وَنَحُجُّ وَنَزُوْرُ المَسْجِدَ النَّبَوِيَّ.

Murid Keempat : Aku akan mengisi liburan di Mekkah dan Madinah bersama keluargaku, kecuali teman-temanku. Kami akan umroh, haji, dan mengunjungin Masjid Nabawi.


الطَّالِبُ الخَامِسُ : سَأَقْضِي العُطْلَةَ فِي بَلَدِي. سَأُسَاعِدُ وَالِدِي فِي المَزْرَعَةِ

Murid Kelima : Aku akan mengisi liburan di daerahku. Aku akan membantu ayahku.


المُدَرِّسُ : عُطْلَةً سَعِيْدَةً يَا أَبْنَائِي

Guru: Semoga liburan kalian menyenangkan anak-anakku.


الطُّلَّابُ : عُطْلَةَ سَعِيْدَةً يَا أُسْتَاذُ

Murid-Murid: Semoga liburanmu menyenangkan, ya ustadz.


3. Tarkib


الإستثناء من ثلاثة عناصر هي : (1) المستثني منه ، (2) أدة الإستثناء ، (3) المستثني.

أدة الإستثناء هي : إلَّا، غَيْرُ، سَوَاء، سِوَى، سُوَى خَلَا، حَاشَا، و عَدَا

مثل : قام القوم إلا زيد


المستثني منه القوم
أدة الإستثناء إلا
المستثني زيد


E. Evaluasi


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar !


1. ... المَوْضُوْعُ الْمُنَاسِبُ لِلْحِوَار الأَوَّلُ هُوَ


A. اِقْتَرَبَتِ العُطْلَةُ

B. السَّفَرُ اِلَى مِصْر

C. الرِّحْلَةِ اِلَى مِصْر

D. نَهْرَ النِّيْلِ

E. فِكْرَةٌ طَيِّبَة


إقرأ هذه الحوار ثم اجب عن الاسئلة (رقم 2-3)


أَحْمَدُ : اِقْتَرَبَتِ العُطْلَةُ يَا أَبِي

الأَبُ : مَا رَأْيُكِ يَا نَدَى ؟ إِلَى أَيْنَ نُسَافِرُ ؟

نَدَى : لَدَيَّ فِكْرَةٌ، نُسَافِرُ إِلَى مِصْرَ


2. مَا مَعْنَى الجُمْلَة تَحْتَ الْخَط ؟


A. Liburan telah datang, Ayahku

B. Liburan kemana kita , Ayahku

C. Liburan telah dekat, Ayahku

D. Liburan bersama siapa, Ayahku

E. Liburan telah tiba, Ayahku


3. ... الفِعْلُ الْمُضَارِعُ فِي الْحِوَارِ أَعْلَاه هُو


A. نُسَافِرُ

B. رَأْيُكِ

C. لَدَيَّ

D. فِكْرَةٌ

E. عُطْلَةُ


4. المُوَظَّفُ : هَلْ هَذِهِ حَقِيْبَتُكَ ؟

... : المُسَافِرُ  

المُوَظَّفُ : مَاذَا فِي الحَقِيْبَةِ ؟

المُسَافِرُ : فِي الحَقِيْبَةِ مَلَابِسُ


A. نَعَمْ، هَذِهِ حَقِيْبَتِي

B. نَعَمْ ، هَذِهِ حَقِيْبَته

C. نَعَمْ ، هَذِهِ حَقِيْبَتك

D. نَعَمْ ، هَذِهِ حَقِيْبَتها

E. نَعَمْ ، هَذِهِ حَقِيْبَتهم


5. إِلَى أَيْنَ سَتَذْهَبُ في العُطْلَةِ؟


A. سَتَذْهَبُوْن إِلَى الجِبَالِ مَعَ فَرِيْقِ الجَوَّالَة

B. سَأَذْهَبُ إِلَى الجِبَالِ مَعَ فَرِيْقِ الجَوَّالَة

C. سَنَذْهَبُ إِلَى الجِبَالِ مَعَ فَرِيْقِ الجَوَّالَة

D. سَتَذْهَبُ إِلَى الجِبَالِ مَعَ فَرِيْقِ الجَوَّالَة

E. سَيَذْهَبُ إِلَى الجِبَالِ مَعَ فَرِيْقِ الجَوَّالَة


6. أَحْمَدُ : لِمَاذَا نُسَافِرُ إِلَى مِصْرَ ؟

نَدَى : لِنَرَى مِصْرَ ، وَنَهْرَ النِّيْلِ إلّا قَرْيَةِ السَّمَاحَةِ


اي حرف "إلا" في ضوع الإصتلاح القواعد اللغة العربية ؟


A. المستثني منه

B. فعل

C. أدة الإستثناء

D. فاعل

E. المستثني


7. الأَبُ : كَيْفَ نُسَافِرُ إِلَى مِصْرَ ؟

نَدَى : نُسَافِرُ بِالجَوِّ

الأَبُ : السَّفَرُ بِالجَوِّ غَالٍ

أَحْمَدُ : إِذَنْ نُسَافِرُ بِالبَحْرِ غَيْر ِبالجَوِّ. السَّفَرُ بِالبَحْرِ رَخِيْصٌ


المستثني منه في الحوار أعلاه هو ؟


A. غَيْر

B. البَحْرِ

C. الجَوِّ

D. غَالٍ

E. إِذَنْ


8. سَأَقْضِي العُطْلَةَ فِي مَكَّةَ وَالمَدِيْنَةِ مَعَ أُسْرَتِي عَدَا أَصْحَابِيْ. سَنَعْتَمِرُ، وَنَحُجُّ وَنَزُوْرُ المَسْجِدَ النَّبَوِيَّ


الإعراب من الكلمة التي تحتها الخط هي؟


A. المستثني منه

B. حرف الجر

C. أدة الإستثناء

D. المستثني

E. اسم كان


Demikianlah postingan kali ini tentang Materi Pelajaran Bahasa Arab dengan Tema Rihlah (Perjalanan), semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Materi Pelajaran Bahasa Arab dengan Tema Rihlah (Perjalanan)"