Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama-nama Bulan, Hari dan Waktu dalam Bentuk Angka dalam Bahasa Arab

Nama-nama Bulan, Hari dan Waktu dalam Bentuk Angka dalam Bahasa Arab

Kali ini disajikan sejumlah materi untuk membantu siswa kelas X mempelajari satu kompetensi dasar yang harus dikuasainya sesuai dengan Kurikulum 2013. Satu kompetensi dasar tersebut dituangkan dalam tiga indikator pencapaian yaitu yang berkaitan dengan nama hari (asma al-ayyam), bulan (syuhur al-hijriyahmiladiyah), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa lailah), waktu dalam bentuk angka  (sa’ah), tanggal (tarikh), dan tahun (sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Dengan mempelajari materi ini diharapkan peserta didik dapat lebih mengetahui dan memahami pelajaran Bahasa Arab tentang nama hari (asma al-ayyam), bulan (syuhur al-hijriyahmiladiyah), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa lailah), waktu dalam bentuk angka  (sa’ah), tanggal (tarikh), dan tahun (sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.. Hal ini sangat bermanfaat jika pada suatu saat nanti peserta didik harus berkomunikasi dengan orang berbahasa arab. Selain itu kompetensi Bahasa Arab ini juga akan memberi manfaat bagi peserta didik dalam upaya menyempurnakan pelaksanaan kewajiban agama yang membutuhkan pemahaman terhadap Bahasa Arab.

Kompetensi Dasar

3.3 Mengemukakan nama hari (asma al-ayyam), bulan (syuhur al-hijriyahmiladiyah), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa lailah), waktu dalam bentuk angka  (sa’ah), tanggal (tarikh), dan tahun (sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.


Indikator Pencapaian Kompetensi

33.1 Mendemonstrasikan teks interaksi lisan dan tulis  untuk menyatakan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun.

33.2 Membedakan teks interaksi lisan dan tulis  untuk menyatakan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun

Materi Pelajaran


1. Teks Dialog dan Teks Bacaan

Berikut ini merupakan dialog dan teks bacaan tentang nama hari,nama bulan dalam penanggalan hijriah dan masehi dan waktu dalam bentuk angka. Untuk memahami teks dialog dan teks bacaan peserta didik harus menghubungkan antara satu kata dengan kata yang lain, dan satu kalimat dengan kalimat yang lain dengan menggunakan alat bantu baik itu kamus atau alat bantu elektronik seperti tools translate. Silahkan pelajari dan demonstrasikan dengan cara berdialog dengan teman dan membaca teks dengan baik dan benar sesuai kaidah bahasa arab.

a. Dialog

الحوار  
عَلِى : ماذا تعمل فى يوم الأحد؟
رحمن : أذهب إلى الملعب لللعب كرة القدم، و أنت؟
علي : أنا أعمل واجب المنزل لأن أجمع فى الأسبوع القادم 
رحمن : متى ستواجه المراجعة؟
علي : في شهر مارس
رحمن : مع النجاح فى الإمتحان
b. Teks Bacaan

يَقع عيد الفطر فى شهر يوليو. فإذا جاء ذلك اليوم يفرح أحمد لمقابلته. يصلي صلاة العيد فى الميدان. يزور عائلتة. و ينال النقود من والديه. يذهب إلى الدكان ليشترى الأطعمة. يرجع إلى بيته بعد أن يشترى الأطعمة. في البيت يشاهد التلفزيون و يأكل الأطعمة

2. Nama-nama Bulan dalam Penanggalan Hijriah

أسماء الشهور الهجرية
محرم
صفر
ربيع الأول
ربيع الثاني 
جماد الأول 
جماد الثانى 
رجب
شعبان
رمضان
شوال
ذو القعدة
ذو الحجة
Contoh Kalimat

الكلمات
الآن شهر المحرم، بعد المحرم شهر صفر
قبل رمضان شهر شعبان

Kosa Kata Baru

Untuk mempermudah memahami contoh kalimat di atas dan untuk mempermudah peserta didik dalam membuat contoh kalimat yang berbeda, maka akan diberikan beberapa kosa kata baru sebagai berikut.

المفردات الجديدة

Sebelum : قبل 
Sesudah : بعد
Sekarang : الآن
شهر جمعه شهور أو أشهر
Bulan jamaknya bulan Bulan

3. Nama-nama Bulan dalam Penanggalan Masehi

أسـماء الشهور الميلادية

Januari : يناير 
Februari : فبراير
Maret : مارس
April: ابريل
Mei: مايو
Juni يونيو
Juli: يوليو
Agustus: أغسطس
September سبتمبر
Oktober : أكتوبر
November : نوفمبر
Desember : ديسمبر

4. Nam-nama Hari

أسماء الأيام فى الأسبوع

Senin : الإثنين
Selasa : الثلاثاء 
Rabu : الأربعاء
Kamis : الخميس   
Jumat : الجمعة
Sabtu : السبت  
Minggu : الأحد
Contoh Kalimat

الكلمات

الآن يوم الإثنين، بالأمس يوم الأحد، غدا يوم الثلاثاء.

Kosa Kata Baru

Untuk memahami contoh kalimat di atas dan peserta didik dapat membuat kalimat yang baru maka akan diberikan kosa kata baru sebagai tambahan pengetahuan.
المفردات الجديدة

Hari : اليوم
Kemarin : الأمس
Besok : الغد
يوم جمعه أيام
Hari, Jamaknya Hari-hari
أسبوع جمعه أسابيع
Seminggu, jamaknya berminggu-minggu

5. Waktu dalam Bentuk Angka / Jam

الساعة

الساعة الواحدة
Jam satu (1:00)
الساعة الثانية 
Jam dua (2:00)
الساعة الثالثة 
Jam tiga (3:00)
الساعة الرابعة 
Jam empat (4:00)
الساعة الخامسة
Jam lima (5:00)
الساعة السادسة
Jam enam (6:00) 
الساعة السابعة
Jam tujuh (7:00)
الساعة الثامنة
Jam delapan (8:00)
الساعة التاسعة
Jam sembilan (9:00)
الساعة العاشرة
Jam sepuluh (10:00)
الساعة الحادية عشر
Jam sebelas (11:00)
الساعة الثانية عشر
Jam dua belas (12:00)

Kosa Kata
Untuk mempermudah dalam memahami kosa kata bahasa Arab kususnya pada pembahasan  bilangan jam ini maka, diberikan kosa kata sebagai berikut.

المفردات
الساعة جمعها الساعات
Jam, jamaknya berjam-jam
الدقيقة جمعها الدقائق
Menit jamaknya bermenit-menit
الثانية جمعها الثوانى
Detik, jamaknya berdetik-detik

Keterangan Lain dalam Bilangan Jam

Keterangan lain dalam bilangan jam di bawah ini merupakan istilah-istilah yang hanya berlaku dalam penggunaan kalimat tentang bilangan jam, jika digunakan dalam kalimat yang berbeda maka, makna atau artinya bisa berbeda pula.

المصطلحات المستخدمة

Seperempat : الربع
Sepertiga : الثلث
Setengah : النصف
Kurang : إلا
Lewat : و

Contoh Kalimat

الكلمات
كم الساعة الأن؟
(√) الساعة الآن الواحدة/ إنها الساعة الواحدة 
(√) الساعة الآن الثانية و الربع
(√) الساعة الثالثة و النصف
(√) الساعة الثانية و الثلث
(√) الساعة الرابعة إلا الربع
(√) الساعة الخامسة إلا الثلث
(X) الساعة السادسة إلا النصف
Perhatikan Video di Bawah ini!


Rangkuman


Teks dialog dan teks bacaan merupakan teks yang berisi tentang nama hari,nama bulan dalam penanggalan hijriah dan masehi dan waktu dalam bentuk angka. Nama bulan dalam penanggalan hijriah dan penanggalan masehi berjumlah 12 bulan, dalam materi ini ditambahkan contoh kalimat (الكلمات) dan beberapa kosa kata yang digunakan untuk mengartikan kalimat tersebut. Kemudian nama-nama hari dalam seminggu (أسماء الأيام فى الأسبوع) ditulis sesuai dengan urutan nama hari, yang ditambahkan contoh kalimat dan beberapa kosa kata pendukung. Kemudian waktu dalam bentuk angka seperti الساعة الواحدة dan hingga pada angka dalam bentuk waktu الساعة الثانية عشر dan ada juga contoh lain dengan menggunakan istilah-istilah tertentu yang menandakan waktu misalnya kata kurang (إلا) dan kata lewat (و).

Kuis dan Latihan


Setelah pembelajaran ini maka, peserta didik diwajibkan untuk mengikuti kuis dan latihan soal yang sudah disediakan. Silahkan klik link di dalam kurung ini untuk mengikuti kuis secara online (Kuis dan Latihan Pelajaran bahasa Arab)

1 komentar untuk "Nama-nama Bulan, Hari dan Waktu dalam Bentuk Angka dalam Bahasa Arab"