Kali ini kita akan mempelajari kemaharian bahasa Arab dengan tema: Al-Hiwayah. Indikator pembelajarannya adalah: 1) Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Al-Hiwayah, 2) Menerapkan percakapan terkait topik, 3) Menerangkan isi teks bacaan yang terkait topik, dan 4) Menyusun teks tulis yang terkait topik.
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu mendengar, bercakap, membaca dan menulis dengan bahasa Arab yang berkaitan dengan topik: Al-Hiwayah
Pelajarilah materi di bawah ini secara berurutan dengan menskrol ke bagian bawah secara perlahan. Terdapat video pendukung, silahkan klik tombol play untuk memulai dan klik tombol pause untuk berhenti sejenak pada bagian yang anda inginkan, serta klik tombol stop untuk berhenti.
1. Wacana Teks Pertama
Umar seorang pelajar di Kerajaan Saudi Arabia, ia memiliki banyak hobi untuk mengisi waktu luangnya, seperti membaca, melukis, dan korespondensi.
Umar membaca di waktu senggang buku, majalah, dan koran.
Dia mengambil dari ayahnya uang saku sebesar satu real setiap hari, dan membeli buku baru setiap pekan, dan dia sekarang memiliki sebuah perpustakaan besar di rumahnya.
Di hari-hari libur Umar menggambar manusia, binatang, pepohonan, dan pemandangan-pemandangan yang indah.
Dia selalu mendapatkan hadiah lomba melukis di sekolah.
Teman-teman Umar banyak dan berasal dari negara-negara yang berbeda, ia menulis surat kepada mereka, dan mereka pun membalas suratnya.
Pada libur yang akan datang Umar akan mengunjungi dua temannya, Ismail di Qatar dan Abdullah Luthfi di Indonesia.
2. Wacana Teks Kedua
Syarif adalah mahasiswa, dan saudarinya Zainab mahasiswi juga, ia kuliah di fakultas teknik dan dia (Zainab) kuliah di kedokteran.
Syarif memiliki banyak hobi; ia suka bepergian, korespondesi, dan membaca.
Di libur pekanan Syarif membaca Kamus Mufradat, buku-buku ilmiah, dan majalah-majalah Islamiah.
Dan di libur panjang Syarif bepergian ke tempat-tempat yang baru, untuk mengenal penduduknya dan budaya mereka.
Sekembalinya ia menulis surat kepada teman-teman yang ia kenal dalam perjalanannya.
Zainab memiliki banyak hobi juga; ia suka membaca dan jurnalistik.
Zainab selalu membeli buku baru setiap pekan, hingga memiliki perpustakaan pribadi yang besar di rumahnya. Ia membaca puluhan halaman setiap harinya.
Dan Zainab juga ikut di grup jurnalis di kampus.
3. Mufradat Dalam Wacana Teks
Kata-Kata Benda ( الأَسْمَاءُ )
( طَالِبٌ جـ طُلَّابٌ ) Pelajar/Mahasiswa.
( طَالِبَةٌ جـ طَالِبَاتٌ ) Siswi/Mahasiswi.
( الـمَمْلَكَةُ العَرَبِيَّةُ السُّعُوْدِيَّةُ ) Kerajaan Saudi Arabia.
( هِوَايَةٌ جـ هِوَايَاتٌ ) Hobi.
( كَثِيْرٌ / كَثِيْرَةٌ ) Banyak.
( وَقْتٌ جـ أَوْقَاتٌ ) Waktu.
( فَرَاغٌ ) Kosong.
( مِثْلُ ) Seperti.
( القِرَاءَةُ ) Membaca.
( الرَّسْمُ ) Melukis.
( المُرَاسَلَةُ ) Korespondensi.
( كِتَابٌ جـ كُتُبٌ ) Buku.
( مَجَلَّةٌ جـ مَجَلَّاتٌ ) Majalah.
( صَحِيْفَةٌ جـ صُحُفٌ ) Koran.
( وَالِدٌ جـ وَالِدُوْنَ ) Ayah.
( رِيَالٌ جـ رِيَالَاتُ ) Real (Mata Uang Saudi)
( كُلُّ ) Setiap/Semua/Seluruh.
( يَوْمٌ جـ أَيَّامٌ ) Hari.
( جَدِيْدٌ / جَدِيْدَةٌ ) Baru.
( أُسْبُوْعٌ جـ أَسَابِيْعُ ) Pekan.
( مَكْتَبَةٌ جـ مكتباتُ ) Perpustakaan.
( بَيْتٌ جـ بُيُوْتٌ ) Rumah.
( عُطْلَةٌ جـ عُطْلَاتٌ ) Liburan.
( إِنْسَانٌ جـ نَاسٌ ) Manusia.
( حَيَوَانٌ جـ حَيَوَانَاتٌ ) Binatang.
( شَجَرٌ جـ أَشْجَارٌ ) Pohon.
( مَنْظَرٌ جـ مَنَاظِرُ ) Pemandangan.
( جَمِيْلٌ / جَمِيْلَةٌ ) Indah.
( جَائِزَةٌ جـ جَوَائِزُ ) Hadiah.
( دَائِمًا ) Selalu.
( مَدْرَسَةٌ جـ مَدَارِسُ ) Sekolah.
( صَدِيْقٌ جـ أَصْدِقَاءٌ ) Teman.
( بَلَدٌ جـ بُلْدَانٌ ) Negara.
( مُخْتَلِفٌ / مُخْتَلِفَةٌ ) Berbeda.
( رِسَالَةٌ جـ رَسَائِلُ ) Surat.
( قَادِمٌ / قَادِمَةٌ ) Yang akan datang.
( جَامِعَةٌ جـ جَامِعَاتٌ ) Universitas.
( الهَنْدَسَةُ ) Fakultas Teknik.
( الطِّبُّ ) Fakultas Kedoteran.
( السَّفَرُ ) Bepergian.
( طَوِيْلٌ / طَوِيْلَةٌ ) Panjang.
( مَكَانٌ جـ أَمَاكِنُ ) Tempat.
( أَهْلٌ جـ أَهَالِي ) Penduduk.
( ثَقَافَةٌ جـ ثَقَافَاتٌ ) Budaya.
( عَوْدَةٌ ) Kembali/Kepulangan.
( الصَّحَافَةُ ) Jurnaslistik.
( عَشَرَاتٌ ) Puluhan.
( صَفْحَةٌ جـ صَفَحَاتٌ ) Halaman.
Kata-Kata Kerja ( ُالأَفْعَال )
( قَضَى - يَقْضِي ) Mengisi/Menghabiskan (waktu).
( قَرَأَ - يَقْرَأُ ) Membaca.
( أَخَذَ - يَأْخُذُ ) Mengambil.
( اِشْتَرَى - يَشْتَرِي ) Membeli.
( مَلَكَ - يَمْلِكُ ) Memiliki.
( رَسَمَ - يَرْسُمُ ) Melukis.
( حَصَلَ - يَحْصُلُ عَلَى ) Mendapatkan.
( كَتَبَ - يَكْتُبُ ) Menulis.
( زَارَ - يَزُوْرُ ) Mengunjungi.
( دَرَسَ - يَدْرُسُ ) Belajar/Kuliah.
( أَحَبَّ - يُحِبُّ ) Menyukai/Mencintai.
( سَافَرَ - يُسَافِرُ ) Pergi/Safar.
( تَعَرَّفَ - يَتَعَرَّفُ ) Mengenal.
( قَامَ - يَقُوْمُ بِـ ) Mengadakan.
( أَصْبَحَ - يُصْبِحُ ) Menjadi.
Dengarkan dengan seksama audio percakapan antara Syakir dan Syarif di atas dengan tidak melihat terhadap teksnya.Setelah itu, bacalah teksnya keras-keras (tanpa mendengar audio) sambil memahami maknanya. Kemudian dengarkan kembali audionya sambil melihat teksnya. Akhirnya, dengarkan lagi audionya tanpa melihat tulisannya.
Syakir: Apa hobimu, wahai Syarif?
Syarif: Hobiku banyak: membaca, bepergian (safar) dan surat-menyurat
Kalau engkau, apa hobimu?
Hobiku: olahraga, berwisata dan juga membaca.
Apa saja yang engkau baca, wahai Syarif?
Saya membaca buku-buku dan majalah-majalah keislaman. Dan kalau engkau, apa yang engkau baca?
Saya membaca buku-buku keislaman dan majalah-majalah sains.
Apakah engkau mempunyai perpustakaan?
Iya, saya mempunyai perpustakaan besar.
Berapa jam engkau membaca dalam sehari?
Saya membaca kira-kira tiga jam.
Saya membaca empat jam dalam sehari.
Membaca adalah hobi yang bermanfaat.
Hobi: اَلْهِوَيَةُ
Belanja: اَلتَّسَوُّقُ
Berburu: اَلصَّيْدُ
Berenang: اَلسِّباَحَةُ
Bermain Catur: لَعْبُ الشِّطْرِنْجِ
Bernyanyi: اَلْغِنَاءُ
Bertamsya: رِحْلَةٌ
Main Bola Basket: لَعْبُ كُرَةَالسَّلَةِ
Main Bola Volli: لَعْبُ كُرَةُالْيَدِّ
Main Sepak Bola: لَعْبُ كُرَةَ الْقَدَمِ
Jalan-jalan: سَفَرٌ
Joging: هَرْوَلَةُ
Jurnalistik: اَلصَّحَافَةُ
koleksi Prangko: جَمْعُ الطَّوَابِعِ
Memanah: رِمَانَةُ
Memasak: اَلطَّبْخُ
Membaca: اَلْقِرَاءَةُ
Mendaki Gunung: تَسَلُقُ الْجِبَالِ
Menggambar/melukis: اَلرَّسْمُ
Menata Rumah: تَدْبِيْرُالْمَنْزِلِيْ
Menjahit: اَلْخِيَاطَةُ
Menulis: اَلْكِتَابَةُ
Naik Gunung: صُعُوْدُ الْجِبَالِ
Naik Kereta Api:رُكُوْبُ الْقِطَارِ
Naik Pesawat: رُكُوْبُ الطَّائِرَةِ
Naik Sepeda: كُوْبُ الدَّرَّاجَةِ
Nonton TV: مُشَاهَدَةُ التِّلْفِزِيُّ
Olah Raga: اَلرِّيَاضَةُ
Surat menyurat: اَلْمُرَاسَلَةُ
Lempar Lembing: رَمْيُ الْقُرَصِ
Main Komputer: حَاسِبُ الْأَلِىْ
Memfoto: اَلتَّصْوِيْرُ
Drama: مَسْرَحِيَّةُ
Berikut ini video bahasa arab tentang Al-Hiwayah, silahkan cermati dengan baik.
Wacana pertama berisi tentang teks Hiwaayatu li umar katsirotun, kemudian wacana kedua berisi tentang Hiwaayatu li syarif wa zainab. Setelah wacana teks, terdapat mufradat yang terkait dengan isi wacana. Kemudian percakapan dengan tema Al-Hiwayah antara Syakir dan Syarif, dan yang terakhir adalah kosa kata tentang Al-Hiwayah.
Setelah mempelajari materi ini, silahkan bentuk kelompok kemudian lihat/nonton secara bersama-sama video tentang al-Hiwayah di atas. Kemudian kemukakan makna yang terkandung dalam isi video tersebut, dan temukan kosa kata yang belum kalian pahami.
Setelah tugas selesai dikerjakan silahkan kirim tugas kelompok tersebut melalui email; jd.porttalink[@]gmail.com
Daftar Referensi
https://bahasaarabmandiri.blogspot.com/2016/01/33-kosakata-bahasa-arab-tentang.html
http://www.kamusmufradat.com/2018/07/cerita-bahasa-arab-tentang-hobi.html
https://masbadar.com/pelajaran-bahasa-arab-percakapan-tentang-hobi-%D8%A7%D9%84%D9%92%D9%87%D9%90%D9%88%D9%8E%D8%A7%D9%8A%D9%8E%D8%A9/
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu mendengar, bercakap, membaca dan menulis dengan bahasa Arab yang berkaitan dengan topik: Al-Hiwayah
Petunjuk Penggunaan
Pelajarilah materi di bawah ini secara berurutan dengan menskrol ke bagian bawah secara perlahan. Terdapat video pendukung, silahkan klik tombol play untuk memulai dan klik tombol pause untuk berhenti sejenak pada bagian yang anda inginkan, serta klik tombol stop untuk berhenti.
Materi Pelajaran
1. Wacana Teks Pertama
عُمَرُ طَالِبٌ فِي الـمَمْلَكَةِ العَرَبِيَّةِ السُّعُوْدِيَّةِ ، لَهُ هِوَايَاتٌ كَثِيْرَةٌ يَقْضِي بِـهَا أَوْقَاتَ . الفَرَاغِ ، مِثْلُ القِرَاءَةِ وَالرَّسْمِ وَالـمُرَاسَلَةِ
Umar seorang pelajar di Kerajaan Saudi Arabia, ia memiliki banyak hobi untuk mengisi waktu luangnya, seperti membaca, melukis, dan korespondensi.
يَقْرَأُ عُمَرُ فِي أَوْقَاتِ الفَرَاغِ : الكُتُبَ وِالـمَجَلَّاتِ وَالصُّحُفَ
Umar membaca di waktu senggang buku, majalah, dan koran.
وَهُوَ يَأْخُذُ مِنْ وَالِدِهِ رِيَالًا كُلَّ يَوْمٍ ، وَيَشْتَرِي كِتَابًا جَدِيْدًا كُلَّ أُسْبُوْعٍ ، وَهُوَ الآنَ . يَـمْلِكُ مَكْتَبَةً كَبِيْرَةً فِي البَيْتِ
Dia mengambil dari ayahnya uang saku sebesar satu real setiap hari, dan membeli buku baru setiap pekan, dan dia sekarang memiliki sebuah perpustakaan besar di rumahnya.
. وَفِي أَيَّامِ العُطْلَةِ يَرْسُمُ عُمَرُ النَّاسَ وَالـحَيَوَانَاتِ وَالأَشْجَارَ والـمَنَاظِرَ الـجَمِيْلَةَ
Di hari-hari libur Umar menggambar manusia, binatang, pepohonan, dan pemandangan-pemandangan yang indah.
. وَهُوَ يَـحْصُلُ عَلَى جَائِزَةِ الرَّسْمِ دَائِمًا فِي الـمَدْرَسَةِ
Dia selalu mendapatkan hadiah lomba melukis di sekolah.
وَأَصْدِقَاءُ عُمَرَ كَثِيْرُوْنَ وَمِنَ البُلْدَانِ الـمُخْتَلِفَةِ ، يَكْتُبُ لَـهُمُ الرَّسَائِلَ ، وَهُمْ يَكْتُبُوْنَ لَهُ أَيْضًا
Teman-teman Umar banyak dan berasal dari negara-negara yang berbeda, ia menulis surat kepada mereka, dan mereka pun membalas suratnya.
فِي العُطْلَةِ القَادِمَةِ سَيَزُوْرُ عُمَرُ صَدِيْقَيْهِ إِسْـمَاعِيْلَ فِي قَطَرَ وَعَبْدَ اللهِ لُطْفِي فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا
Pada libur yang akan datang Umar akan mengunjungi dua temannya, Ismail di Qatar dan Abdullah Luthfi di Indonesia.
2. Wacana Teks Kedua
شَرِيْفٌ طَالِبٌ فِي الـجَامِعَةِ ، وَأُخْتُهُ زَيْنَبُ طَالِبَةٌ فِي الـجَامِعَةِ أَيْضًا ، هُوَ يَدْرُسُ الـهَنْدَسَةَ وَهِيَ تَدْرُسُ الطِّبَّ
Syarif adalah mahasiswa, dan saudarinya Zainab mahasiswi juga, ia kuliah di fakultas teknik dan dia (Zainab) kuliah di kedokteran.
شَرِيْفٌ لَدَيْهِ هِوَايَاتٌ كَثِيْرَةٌ ؛ هُوَ يُـحِبُّ السَّفَرَ وَالـمُرَاسَلَةَ وَالقِرَاءَةَ
Syarif memiliki banyak hobi; ia suka bepergian, korespondesi, dan membaca.
فِي الإِجَازَةِ الأُسْبُوْعِيَّةِ يَقْرَأُ شَرِيْفٌ قَامُوْسَ الـمُفْرَدَاتِ وَالكُتُبَ العِلْمِيَّةَ وَالـمَجَلَّاتِ الإِسْلَامِيَّةَ
Di libur pekanan Syarif membaca Kamus Mufradat, buku-buku ilmiah, dan majalah-majalah Islamiah.
وَفِي الإِجَازَةِ الطَّوِيْلَةِ يُسَافِرُ شَرِيْفٌ إِلَى الأَمَاكِنِ الـجَدِيْدَةِ ، لَيَتَعَرَّفَ عَلَى أَهْلِهَا وَثَقَافَتِهِمْ
Dan di libur panjang Syarif bepergian ke tempat-tempat yang baru, untuk mengenal penduduknya dan budaya mereka.
. وَبَعْدَ العَوْدَةِ قَامَ بِـمُرَاسَلَةِ أَصْدِقَائِهِ الَّذِيْنَ تَعَرَّفَ بِـهِمْ فِي سَفَرِهِ
Sekembalinya ia menulis surat kepada teman-teman yang ia kenal dalam perjalanannya.
. وَزَيْنَبُ لَدَيْهَا هِوَايَاتٌ كَثِيْرَةٌ أَيْضًا ؛ هِيَ تُـحِبُّ القِرَاءَةَ وَالصَّحَافَةَ
Zainab memiliki banyak hobi juga; ia suka membaca dan jurnalistik.
تَشْتَرِي زَيْنَبُ كِتَابًا جَدِيْدًا كُلَّ أُسْبُوْعٍ ، حَتَّى أَصْبَحَ لَدَيْهَا مَكْتَبَةٌ كَبِيْرَةٌ فِي البَيْتِ . فَهِيَ تَقْرَأُ عَشَرَاتِ الصَّفَحَاتِ كُلَّ يَوْمٍ
Zainab selalu membeli buku baru setiap pekan, hingga memiliki perpustakaan pribadi yang besar di rumahnya. Ia membaca puluhan halaman setiap harinya.
. وَزَيْنَبُ مُشْتَرِكَةٌ أَيْضًا فِي جَمْعِيَّةِ الصَّحَافَةِ فِي الـجَامِعَةِ
Dan Zainab juga ikut di grup jurnalis di kampus.
3. Mufradat Dalam Wacana Teks
Kata-Kata Benda ( الأَسْمَاءُ )
( طَالِبٌ جـ طُلَّابٌ ) Pelajar/Mahasiswa.
( طَالِبَةٌ جـ طَالِبَاتٌ ) Siswi/Mahasiswi.
( الـمَمْلَكَةُ العَرَبِيَّةُ السُّعُوْدِيَّةُ ) Kerajaan Saudi Arabia.
( هِوَايَةٌ جـ هِوَايَاتٌ ) Hobi.
( كَثِيْرٌ / كَثِيْرَةٌ ) Banyak.
( وَقْتٌ جـ أَوْقَاتٌ ) Waktu.
( فَرَاغٌ ) Kosong.
( مِثْلُ ) Seperti.
( القِرَاءَةُ ) Membaca.
( الرَّسْمُ ) Melukis.
( المُرَاسَلَةُ ) Korespondensi.
( كِتَابٌ جـ كُتُبٌ ) Buku.
( مَجَلَّةٌ جـ مَجَلَّاتٌ ) Majalah.
( صَحِيْفَةٌ جـ صُحُفٌ ) Koran.
( وَالِدٌ جـ وَالِدُوْنَ ) Ayah.
( رِيَالٌ جـ رِيَالَاتُ ) Real (Mata Uang Saudi)
( كُلُّ ) Setiap/Semua/Seluruh.
( يَوْمٌ جـ أَيَّامٌ ) Hari.
( جَدِيْدٌ / جَدِيْدَةٌ ) Baru.
( أُسْبُوْعٌ جـ أَسَابِيْعُ ) Pekan.
( مَكْتَبَةٌ جـ مكتباتُ ) Perpustakaan.
( بَيْتٌ جـ بُيُوْتٌ ) Rumah.
( عُطْلَةٌ جـ عُطْلَاتٌ ) Liburan.
( إِنْسَانٌ جـ نَاسٌ ) Manusia.
( حَيَوَانٌ جـ حَيَوَانَاتٌ ) Binatang.
( شَجَرٌ جـ أَشْجَارٌ ) Pohon.
( مَنْظَرٌ جـ مَنَاظِرُ ) Pemandangan.
( جَمِيْلٌ / جَمِيْلَةٌ ) Indah.
( جَائِزَةٌ جـ جَوَائِزُ ) Hadiah.
( دَائِمًا ) Selalu.
( مَدْرَسَةٌ جـ مَدَارِسُ ) Sekolah.
( صَدِيْقٌ جـ أَصْدِقَاءٌ ) Teman.
( بَلَدٌ جـ بُلْدَانٌ ) Negara.
( مُخْتَلِفٌ / مُخْتَلِفَةٌ ) Berbeda.
( رِسَالَةٌ جـ رَسَائِلُ ) Surat.
( قَادِمٌ / قَادِمَةٌ ) Yang akan datang.
( جَامِعَةٌ جـ جَامِعَاتٌ ) Universitas.
( الهَنْدَسَةُ ) Fakultas Teknik.
( الطِّبُّ ) Fakultas Kedoteran.
( السَّفَرُ ) Bepergian.
( طَوِيْلٌ / طَوِيْلَةٌ ) Panjang.
( مَكَانٌ جـ أَمَاكِنُ ) Tempat.
( أَهْلٌ جـ أَهَالِي ) Penduduk.
( ثَقَافَةٌ جـ ثَقَافَاتٌ ) Budaya.
( عَوْدَةٌ ) Kembali/Kepulangan.
( الصَّحَافَةُ ) Jurnaslistik.
( عَشَرَاتٌ ) Puluhan.
( صَفْحَةٌ جـ صَفَحَاتٌ ) Halaman.
Kata-Kata Kerja ( ُالأَفْعَال )
( قَضَى - يَقْضِي ) Mengisi/Menghabiskan (waktu).
( قَرَأَ - يَقْرَأُ ) Membaca.
( أَخَذَ - يَأْخُذُ ) Mengambil.
( اِشْتَرَى - يَشْتَرِي ) Membeli.
( مَلَكَ - يَمْلِكُ ) Memiliki.
( رَسَمَ - يَرْسُمُ ) Melukis.
( حَصَلَ - يَحْصُلُ عَلَى ) Mendapatkan.
( كَتَبَ - يَكْتُبُ ) Menulis.
( زَارَ - يَزُوْرُ ) Mengunjungi.
( دَرَسَ - يَدْرُسُ ) Belajar/Kuliah.
( أَحَبَّ - يُحِبُّ ) Menyukai/Mencintai.
( سَافَرَ - يُسَافِرُ ) Pergi/Safar.
( تَعَرَّفَ - يَتَعَرَّفُ ) Mengenal.
( قَامَ - يَقُوْمُ بِـ ) Mengadakan.
( أَصْبَحَ - يُصْبِحُ ) Menjadi.
Percakapan/Dialog
Dengarkan dengan seksama audio percakapan antara Syakir dan Syarif di atas dengan tidak melihat terhadap teksnya.Setelah itu, bacalah teksnya keras-keras (tanpa mendengar audio) sambil memahami maknanya. Kemudian dengarkan kembali audionya sambil melihat teksnya. Akhirnya, dengarkan lagi audionya tanpa melihat tulisannya.
شاكر: ما هوايتك يا شريف ؟
Syakir: Apa hobimu, wahai Syarif?
شريف:هواياتي كثيرة: القراءة، والسفر،والمراسلة.
Syarif: Hobiku banyak: membaca, bepergian (safar) dan surat-menyurat
شريف: وما هوايتك أنت ؟
Kalau engkau, apa hobimu?
شاكر:هواياتي: الرياضة والرحلات والقراءة أيضًا
Hobiku: olahraga, berwisata dan juga membaca.
شاكر: ماذا تقرأ يا شريف ؟
Apa saja yang engkau baca, wahai Syarif?
شريف: أقرأ الكتب والمجلات الإسلامية. وماذا تقرأ أنت ؟
Saya membaca buku-buku dan majalah-majalah keislaman. Dan kalau engkau, apa yang engkau baca?
شاكر: أقرأ الكتب الإسلامية، والمجلات العلمية
Saya membaca buku-buku keislaman dan majalah-majalah sains.
شاكر: هل لديك مكتبة ؟
Apakah engkau mempunyai perpustakaan?
شريف: نعم، لدي مكتبة كبيرة
Iya, saya mempunyai perpustakaan besar.
شاكر:كم ساعة تقرأ في اليوم ؟
Berapa jam engkau membaca dalam sehari?
شريف: أقرأ ثلاث ساعات تقريبًا
Saya membaca kira-kira tiga jam.
شاكر: أنا أقرأ أربع ساعات في اليوم
Saya membaca empat jam dalam sehari.
شريف: القراءةهواية مفيدة
Membaca adalah hobi yang bermanfaat.
Kosa Kata Tentang Hobi
Hobi: اَلْهِوَيَةُ
Belanja: اَلتَّسَوُّقُ
Berburu: اَلصَّيْدُ
Berenang: اَلسِّباَحَةُ
Bermain Catur: لَعْبُ الشِّطْرِنْجِ
Bernyanyi: اَلْغِنَاءُ
Bertamsya: رِحْلَةٌ
Main Bola Basket: لَعْبُ كُرَةَالسَّلَةِ
Main Bola Volli: لَعْبُ كُرَةُالْيَدِّ
Main Sepak Bola: لَعْبُ كُرَةَ الْقَدَمِ
Jalan-jalan: سَفَرٌ
Joging: هَرْوَلَةُ
Jurnalistik: اَلصَّحَافَةُ
koleksi Prangko: جَمْعُ الطَّوَابِعِ
Memanah: رِمَانَةُ
Memasak: اَلطَّبْخُ
Membaca: اَلْقِرَاءَةُ
Mendaki Gunung: تَسَلُقُ الْجِبَالِ
Menggambar/melukis: اَلرَّسْمُ
Menata Rumah: تَدْبِيْرُالْمَنْزِلِيْ
Menjahit: اَلْخِيَاطَةُ
Menulis: اَلْكِتَابَةُ
Naik Gunung: صُعُوْدُ الْجِبَالِ
Naik Kereta Api:رُكُوْبُ الْقِطَارِ
Naik Pesawat: رُكُوْبُ الطَّائِرَةِ
Naik Sepeda: كُوْبُ الدَّرَّاجَةِ
Nonton TV: مُشَاهَدَةُ التِّلْفِزِيُّ
Olah Raga: اَلرِّيَاضَةُ
Surat menyurat: اَلْمُرَاسَلَةُ
Lempar Lembing: رَمْيُ الْقُرَصِ
Main Komputer: حَاسِبُ الْأَلِىْ
Memfoto: اَلتَّصْوِيْرُ
Drama: مَسْرَحِيَّةُ
Video Bahasa Arab tentang Al-Hiwayah (Hobi)
Berikut ini video bahasa arab tentang Al-Hiwayah, silahkan cermati dengan baik.
Rangkuman
Wacana pertama berisi tentang teks Hiwaayatu li umar katsirotun, kemudian wacana kedua berisi tentang Hiwaayatu li syarif wa zainab. Setelah wacana teks, terdapat mufradat yang terkait dengan isi wacana. Kemudian percakapan dengan tema Al-Hiwayah antara Syakir dan Syarif, dan yang terakhir adalah kosa kata tentang Al-Hiwayah.
Evaluasi
Setelah mempelajari materi ini, silahkan bentuk kelompok kemudian lihat/nonton secara bersama-sama video tentang al-Hiwayah di atas. Kemudian kemukakan makna yang terkandung dalam isi video tersebut, dan temukan kosa kata yang belum kalian pahami.
Setelah tugas selesai dikerjakan silahkan kirim tugas kelompok tersebut melalui email; jd.porttalink[@]gmail.com
Daftar Referensi
https://bahasaarabmandiri.blogspot.com/2016/01/33-kosakata-bahasa-arab-tentang.html
http://www.kamusmufradat.com/2018/07/cerita-bahasa-arab-tentang-hobi.html
https://masbadar.com/pelajaran-bahasa-arab-percakapan-tentang-hobi-%D8%A7%D9%84%D9%92%D9%87%D9%90%D9%88%D9%8E%D8%A7%D9%8A%D9%8E%D8%A9/
Posting Komentar