Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Ajar Bahasa Arab, Topik الرحلة (Perjalanan/Wisata)

Pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu pembelajaran bahasa yang dilaksanakan di jenjang SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Pembelajaran ini dilaksanakan untuk melatih ketrampilan berbahasa. Untuk itu maka, dalam pembelajarannya banyak dibuat bahan ajar dalam berbagai bentuk untuk memudahkan dalam pembelajaran, salah satunya adalah dalam bentuk e-Modul. Salah satunya adalah e-Modul ini.



DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL

DAFTAR ISI

PENDAHULUAN

A. Petunjuk Penggunaan e-Modul

B. Kompetensi Dasar

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

D. Peta Konsep

الرِّحْلَة (PERJALANANAN/WISATA)

A. Tujuan

B. Uraian Materi

1. المفردات (Kosa Kata)

2. الاستماع (Menyimak)

3. المحادثة (Percakapan)

4. القراءة (Bacaan)

RANGKUMAN

EVALUASI

A. Latihan-latihan

B. Penilaian Diri

DAFTAR PUSTAKA


PENDAHULUAN


E-Modul Bahasa Arab dengan topik الرِّحْلَة (Perjalananan/Wisata) ini memuat macam-macam ungkapan tentang perjalanan/wisata. Selain itu terdapat juga bacaan tentang perjalanan yang perlu kalian simak, dan kalian baca untuk menambah wawasan kalian, dan terdapat juga percakapan untuk melatih kemampuan dalam berbicara bahasa Arab yang sesuai dengan topik.

Materi dalam e-Modul ini disusun sesuai dengan konteks agar mempermudah kalian dalam mempelajari dan memahaminya. Sehingga, Melalui e-Modul ini diharapkan kalian terampil dalam mengungkapkan atau menceritakan tentang suatu perjalanan yang kalian lakukan, dan dapat melakukan percakapan dengan teman kalian tentang perjalanan/wisata yang pernah kalian lakukan. Untuk itu, materi dalam e-Modul ini dilengkapi dengan terjemahan dalam bahasa Indonesi untuk membantu kalian dalam memahami teks bahasa Arab.

Niatkanlah dalam hati bahwa Kalian akan membaca dan berlatih dengan sungguh-sungguh. Dengan niat yang kuat dan usaha yang gigih, kalian dapat menguasai seluruh isi e-Modul ini.

Untuk memudahkan kalian dalam belajar, maka e-Modul ini sudah disediakan dalam bentuk pdf. Silahkan download dan dipelajari. (Download)

A. Petunjuk Penggunaan e-Modul


Petunjuk penggunaan e-Modul ini adalah sebagai berikut:
  1. Pelajarilah setiap kegiatan pembelajaran dengan cermat.
  2. Apabila menemui kesulitan atau keraguan dalam mempelajari uraian materi, diskusikanlah dengan teman atau konsultasikanlah kepada guru. 
  3. Gunakan rangkuman untuk mengingat dan mengambil inti sari materi pembelajaran.
  4. Berlatihlah menerapkan pengetahuan dalam praktik setelah cukup memahami uraian dan contoh.
  5. Kerjakanlah latihan/tugas pada akhir Kegiatan Pembelajaran pada lembar kerja atau buku latihan.
  6. Setelah mengerjakan latihan/tugas, kerjakanlah soal evaluasi untuk mengukur kemampuan Kalian. Jika belum mencapai tingkat penguasaan yang dipersyaratkan, Kalian harus mengulangi Kegiatan Pembelajaran tersebut, terutama bagian yang belum dikuasai. Jika sudah tercapai, berarti Kalian sudah menguasai kompetensi tersebut dan dapat melanjutkan pada pembelajaran berikutnya.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi


Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi dalam e-Modul dengan topik الرِّحْلَة (Perjalananan/Wisata) ini sebagai berikut.

1. Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi bunyi, makna kalimat, gagasan, unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya bahasa Arab yang berkaitan dengan topik: الرِّحْلَة (Perjalananan/Wisata), baik secara lisan maupun tertulis (Pengetahuan)

4.1 Mengungkapkan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik: الرِّحْلَة (Perjalananan/Wisata), dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks

2. Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1 Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar

3.1.2 Menentukan benar/salah ujaran yang didengar

3.1.3 Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru/ sulit

4.1.1. Menceritakan keadaan/ kegiatan sesuai konteks

4.1.2. Melakukan percakapan sesuai konteks

C. Peta Konsep


Jika digambarkan dalam peta konsep, maka akan tampat sebagai berikut:



الرِّحْلَة

(PERJALANANAN/WISATA)


A. Tujuan


Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, kalian diharapkan mampu mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar, menentukan benar/salah ujaran yang didengar, mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru/ sulit, menceritakan keadaan/ kegiatan sesuai konteks, dan melakukan percakapan sesuai konteks.

Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka Kalian harus membaca uraian materi, membaca rangkuman, dan mengerjakan latihan untuk mengukur ketercapaian tujuan tersebut.

B. Uraian Materi


Pelajarilah uraian materi berikut ini dengan baik dan benar agar tujuan pembelajaran dapat tercapaian dengan baik.

1. المفردات (Kosa Kata)

Baca dengan cermat kosa kata berikut ini, kemudian hafalkan untuk menambah perbendaharaan kata kalian dalam bahasa arab.

رحلة : Perjalanan, berpergian

وسائل النّقل : Transportasi

وسيلة جويّة : Transportasi udara

وسيلة بحريّة : Transportasi laut

وسيلة بريّة : Transportasi darat

طائرة ج طائرات : Pesawat terbang

سفينة ج سفن : Kapal laut

سيّارة ج سيّارات : Mobil

اوتوبيس، حافلة : Bis

قطار ج قطارات : Kereta api

مطار ج مطارات : Bandara

ميناء ج موانئ : Pelabuhan

محطّة اوتوبيس : Terminal

محطّة القطار : Stasiun

منظر ج مناظر : Pemandangan

موج ج امواج : Ombak

طار – يطير : Terbang

هبط – يهبط : Mendarat

استغرق – يستغرق : Menghabiskan

رحل – يرحل : Berangkat, pergi

2. الاستماع (Menyimak)

Menyimak adalah proses dari aktivitas mendengarkan pesan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi dan menafsirkan pesan tersebut untuk mendapatkan informasi lalu memahami isi informasinya. Atau arti menyimak yaitu, mendengarkan dengan sungguh-sungguh untuk memahami pesan atau materi yang disampaikan dengan penuh perhatian, dengan keinginan yang tinggi dan dengan pemahaman mengenai pesan atau materi yang disampaikan. Menyimak berhubungan dan bermanfaat dengan menyimak dan berbicara, menyimak dan membaca, berbicara dan membaca serta ekspresi lisan dan ekspresi tulis.

Berikut ini merupakan teks bacaan tentang perjalanan seorang siswa bersama keluarganya di waktu libur. Simaklah bacaan tersebut, kemudian pahami isi bacaannya dengan baik.

سيقرأ استاذك القصة الآتية. اسمع قرائته جيدا

جاء وقت العطلة. اعدّ مروان رحلة مع ابيه وامّه واخيه الصّغير. كان العطلة اسبوع تآمّ، وسيرحل مروان ليزور عمّه في قرية. قريبة من البحر. يحبّ مروان ان يّلعب في شاطئها.

Telah datang waktu libur. Marwan melakukan perjalanan bersama ayahnya dan ibunya dan adiknya. Hari libur seminggu penuh, dan Marwan akan bepergian untuk mengunjungi pamannya di desa yang dekat dengan laut. Marwan suka bermain di pantainya.

ذَهَبَتْ العائلة بالسّيّارة فى الصّباح الباكر. سَارَتْ السّيّارة بشارع واسع وسط المدينة. جانب الشّارع مباني كبيرة وعمارات عالية. عجب مروان بهذا المنظر

Keluarga telah pergi dengan mobil pada pagi sekali. Mobil telah berjalan di jalan raya yang luas dan telah memasuki kota. Di samping jalan raya ada pohon-pohon yang besar dan gedung-gedung yang tinggi. Marwan takjub dengan pemandangan ini. (مباني وعمارات sama-sama berarti gedung)

خرجت السّيّارة من المدينة وسارت بشارع طويل. جانب الشّارع مزارع وحدائق واسعة. المناظر جميلة. بعد السّاعة، وصل مروان بيت عمّه. رحّبه عمّه ترحيبا جميلا وادخله الى البيت

Mobil telah keluar dari kota dan berjalan di jalan raya yang panjang. Di samping jalan raya sawah-sawah dan kebun-kebun yang luas. Pemandangan itu indah. Setelah sejam, marwan sampai ke rumah pamannya. Pamannya menyambutnya dengan sambutan yang baik dan memasukkannya ke rumah.

استراح مروان قليلا. فى المساء خرج مروان من البيت، وسمع صوت امواج البحر. اخذ مروان ملابس السّباحة، وذهب الى شاطئ البحر. لعب مروان الكرة مع اخيه، ثمّ سبح فى الماء. انتظر مروان غروب الشّمس ثمّ رجع الى البيت. المنظر جميلة جدّا. سيعود مروان هناك فى الوقت المقبل

Marwan istirahat sedikit. Pada sore hari Marwan keluar dari rumah, dan dia mendengar suara ombak laut. Marwan mengambil pakaian renang, dan dia pergi ke pantai. Marwan bermain bola bersama adiknya, kemudian berenang di air. Marwan menunggu matahari terbenam kemudian dia kembali ke rumah. Pemandangan itu sangat indah. Marwan akan kembali disana pada waktu mendatang.

3. المحادثة (Percakapan)

Percakapan merupakan salah satu kemampuan dalam berbicara. Berbicara ialah kemampuan mengucapkan kata-kata dalam rangka menyampaikan atau menyatakan maksud, ide, gagasan, pikiran, serta perasaan yang disusun dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan penyimak agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh penyimak.

Teks wacana berikut ini merupakan percakapan antara guru dan siswa tentang kegiatan pada hari libur. Bacalah percakapan tersebut kemudian praktekkan dengan temanmu.

تحدّث الاستاذ واسماعيل عن العمل العطلة. إقرأ هذه المحادثة واطبقها مع صديقك
الاستاذ : اين ذهبت في العطلة الماضية يا اسماعيل ؟

Guru: Dimana engkau pergi pada libur yang lalu hai Ismail?

اسماعيل : زرت جدّي يا استاذ

Ismail: Saya mengunjungi kakek saya wahai guru.

الاستاذ : اين يسكن جدّك ؟

Guru: Dimana kakek engkau tinggal?

اسماعيل : هو يسكن في قرية جبليّة

Ismail: Dia tinggal di desa pegunungan

الاستاذ : هل القرية بعيد من المدينة ؟

Guru : Apakah desa itu jauh dari kota?

اسماعيل : نعم، القرية بعيد من المدينة. ركبت السّيارة حولي ساعتين لاصل هناك

Ismail : Ya, desa itu jauh dari kota. Saya mengendarai mobil kira-kira dua jam untuk sampai disana.

الاستاذ : كيف حال الهواء هناك ؟

Guru: bagaimana keadaan udara disana?

اسماعيل : الهواء هناك بارد ومريح. سكنت في ذلك المكان وقتا طويلا

Ismail: Udara disana dingin dan berangin. Saya tinggal di tempat itu waktu yang lama.

الاستاذ : هل في القرية مزارع واشجار متنوّعة ؟

Guru: Apakah di desa itu tanaman dan pepohonan bermacam-macam?

اسماعيل : نعم، فيها مزارع واشجار. زرع جدّي فى المزرعة التّفاحة والدّوريان والعنب والفواكه الاخرى

Ismail: Ya, padanya tanaman dan pepohonan. Kakekku menanam pada ladang itu buah apel, durian, anggur dan buah-buahan yang lain.

الاستاذ : هل زرت تلك المزرعة يا اسماعيل ؟

Guru: apakah engkau mengunjungi ladang itu hai Ismail?


اسماعيل : نعم، زرت تلك المزرعة وساعدت جدّي فيها. جنينا الثّمرات النّاضجة. الثّمرات لذيذة وحلوة

Ismail: Ya, saya mengunjungi ladang itu dan saya membantu kakekku padanya. Kebun berbuah matang. Buah itu enak dan manis.

الاستاذ : هل سرّتك تلك الزيارة يا اسماعيل ؟

Guru: Apakah engkau gembira berkunjung itu hai Ismail?

اسماعيل : نعم، سرّتني تلك الزّيارة وسأعود هناك فى اليوم القادم

Ismail: Ya, saya gembira berkunjung itu dan saya akan melakukan perjalanan kesana pada hari yang akan datang.

4. القراءة (Bacaan)

Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Kegiatan membaca meliputi membaca nyaring dan membaca dalam hati. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara membaca keras-keras di depan umum. Sedangkan kegiatan membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dengan saksama yang dilakukan untuk mengerti dan memahami maksud atau tujuan penulis dalam media tertulis.

Berikut ini merupakan bacaan terntang perjalanan, bacalah dan pahami dengan baik bacaan tersebut.

اقرأ القراءة التالية جيدا

ارتحل النّاس من مكان الى مكان اخر طول الزمان. فالرحلة مهمة للناس. رحل الناس بوسائل النّقل المتنوّعة، منها وسيلة جويّة يعنى الطائرة، ووسيلة بحريّة يعنى السّفينة، ووسيلة بريّة يعنى القطار والسّيّارة.

Manusia berpergian dari suatu tempat ke tempat yang lain sepanjang zaman. Maka perjalanan itu keperluan bagi manusia. Manusia pergi dengan transportasi yang bermacam-macam, diantaranya transportasi udara yaitu pesawat terbang, dan transportasi laut yaitu kapal laut, dan trasportasi darat yaitu kereta api dan mobil.

فضّل النّاس الرّحلة بالطائرة لانّها لا تستغرق وقتا طويلا. ذهب الراحلون بالطّائرة الى المطار حيث طارت وهبطت الطائرة

Manusia lebih berpergian dengan pesawat terbang, karena tidak menghabiskan waktu yang lama. Para penumpang pergi dengan pesawat terbang ke bandara dimana terbang dan mendarat pesawat itu.

فضّل بعد الناس الرّحلة بالسّفينة. الرّحلة بالسّفينة اطول من الرّحلة بالطائرة، ولكن ارخص. ذهب الرّاحلون الى الميناء. رحلت وجاءت السفينة فيه

Sebagian manusia lebih berpergian dengan kapal laut. Perjalanan dengan kapal laut lebih panjang dari perjalanan dengan pesawat terbang, akan tetapi lebih murah. Para penumpang pergi dari pelabuhan. Pergi dan datang kapal laut itu padanya (pelabuhan).

رحل بعد النّاس بالسّيّارة. ساق الانسان السّيّارة نفسه. في فرصة اخرى يرحل النّاس بالحافلة او الاوتوبيس. هم ذهبوا الى محطّة اوتوبيس وركبوا هناك

Sebagian manusia berpergian dengan mobil. Manusia menyetir mobilnya sendiri. Pada kesempatan yang lain manusia berangkat dengan berhimpun atau dengan bis. Mereka pergi ke terminal dan naik (mengenderai) disana.

والآخر رحلوا بالقطار. الرحلة بالقطار اسرع من الرّحلة بالسّيّارة. رحل القطار من محطّة القطار وسافر من المدينة الى مدينة اخرى. ايّها الاخوان، ايّ الوسائل تفضلون فى الرحلة ؟

Dan terakhir, mereka berpergian dengan kereta api. Perjalanan dengan kereta api lebih cepat dari perjalanan dengan mobil. Kereta api berangkat dari stasiun dan berjalan dari kota ke kota lain. Hai saudara-saudaraku, apa transportasi yang kalian utamakan dalam perjalanan?

RANGKUMAN

Melalui pemaparan materi di atas maka, rangkumannya adalah sebagai berikut:
  1. Kosa kata (المفردات) yang terdapat dalam modul ini berisi tentang alat transprtasi, terminal, kata kerja, dan sebagainya.
  2. Menyimak (الاستماع) adalah aktivitas seseorang mendengarkan dengan seksama untuk memahami informasi yang disampaikan. Dalam materi menyimak disajikan merupakan teks bacaan tentang perjalanan seorang siswa bersama keluarganya di waktu libur.
  3. Percakapan (المحادثة) atau berbicara merupakan kemampuan mengucapkan kata-kata untuk menyampaikan pesan. Dalam materi ini disajikan percakapan antara guru dan siswa tentang kegiatan di hari libur.
  4. Bacaan (القراءة) memiliki kata kerja yaitu membaca. Membaca adalah kegiatan manusia yang dilakukan untuk menangkap pesan tertulis. Dalam materi ini, disajikan bacaan tentang perjalanan manusia dengan menggunakan alat transportasi masa kini.

EVALUASI

A. Latihan-latihan

Kerjakanlah soal-soal latihan berikut ini dalam buku latihan kalian, kemudian kumpulkan untuk dinilai oleh guru.

Latihan I  (التّدريب 1)


اجب عن الاسئلة التّالية

مَاذَا اَعَدَّ مَرْوَانُ فِى اْلعُطْلَةِ ؟ -
 اَيْنَ ذَهَبَ مَرْوَانُ فِى اْلعُطْلَةِ ؟ ذَهَبَ مَرْوَانُ فِى اْلعُطْلَةِ اِلَى -
 بِمَاذَا رَحَلَتْ عَائِلَةُ مَرْوَانَ ؟ رَحَلَتْ عَائِلَةُ مَرْوَانَ بِـ -
مَاذَا رَاَى مَرْوَانُ جَانِبَ الشَّارِعِ ؟ -
مَاذَا فَعَلَ مَرْوَانُ فِي شَاطِئِ اْلبَحْرِ ؟ -

Latihan II (التّدريب 2)


اجب عن الاسئلة الآتية


اَيْنَ ذَهَبَ اِسْمَاعِيْلُ فِى اْلعُطْلَةِ ؟ -
اَيْنَ سَكَنَ جَدُّ اِسْمَاعِيْلُ ؟ -
هَلِ الْهَوَاءُ فِى اْلقَرْيَةِ بَارِدٌ وَمَرِيْحٌ ؟ -
هَلْ سَاعَدَ اِسْمَاعِيْلُ جَدَّهُ ؟ -
مَاذَا يَزْرَعُ جَدَّهُ  فِى اْلمَزْرَعَةِ ؟ -

Latihan III (التّدريب 3)


اجب عن الاسئلة الآتية

اُذْكُرْ اَنْوَاعَ وَسَائِلِ النَّقْلِ ؟ -
لِمَاذَا فَضَّلَ النَّاسُ الرِّحْلَةَ بِالطَّائِرَةِ ؟ -
هَلِ الرِّحْلَةَ بِالقِطَارِ اَسْرَعُ مِنَ الرِّحْلَةِ بِالسَّيَّارَةِ ؟ -
اَيْنَ وَقَفَ اْلقِطَارُ ؟ -
اَيْنَ تَجْرِيْ السَّفِيْنَةُ ؟ -


Latihan IV (التّدريب 4)



ضع على الجملة الآتية حركات مناسبة

ذهبت العائلة بالسيارة فى الصباح الباكر -
الرحلة بالقطار اسرع من الرحلة بالسيارة -
جانب الشارع مباني كبيرة وعمارات عالية -
فضل الناس الرحلة بالطائرة -
انتظر مروان غروب الشمس -


Latihan V (التّدريب 5)



ترجم الجملة الآتية الى اللغة الإندونيسية

جَانِبَ الشَّارِعِ مَزَارِعُ وَحَدَائِقُ وَاسِعَةٌ -
الَرِّحْلَةُ بِالسَّفِيْنَةِ اَطْوَلُ مِنَ الرِّحْلَةِ بِالطَّائِرَةِ -
اَخَذَ مَرْوَانُ مَلاَبِسَ السِّبَاحَةِ -
رَكِبْتُ السَّيَّارَةَ حَوَلَيْ سَاعَتَيْنِ لِاَصِلَ هُنَاكَ -
ذَهَبَ الرَّاحِلُوْنَ بِالطَّائِرَةِ -

Latihan VI (التّدريب 6)



ترجم الجملة الآتية الى اللّغة العربيّة


1. Telah datang waktu libur
2. Saya mengunjungi kakek saya
3. Kereta api berangkat dari stasiun
4. Di ladang buah apel, durian dan anggur
5. Udara disana dingin


Latihan VII (التّدريب 7)


اكمل الجمل الآتية بالكلمة المناسبة

هَلْ ..... اِلَى بَيْتِ عَمِّكَ فِى اْلعُطْلَةِ اْلمَاضِيَةِ ؟ -
أ‌. رَحَلْتَ       ب. تَرْحَلُ        ج. رِحْلَةٌ

سَبَحْتُ فِيْ  . . . . . بِاْلاَمْسِ -
أ‌. الْمَحَطَّةِ      ب. اْلجَبَلِ        ج. شَاطِئِ اْلبَحْرِ

زَارَتْ فَاطِمَةُ عَمَّتَهَا ثُمَّ . . . . . فِيْ شَاطِئِ اْلبَحْرِ -
أ‌. سَبَحْتَ       ب. سَبَحَتْ       ج. سَبَحْتُ

يَا حَاكِمُ،  . . . . . هَذِهِ اْلمَنَاظِرَ -
أ‌. اُنْظُرَا        ب. اُنْظُرِيْ      ج. اُنْظُرْ

هَلْ  . . . . . الطَّائِرَةُ فِى اْلجَوِّ ؟ -
أ‌. طَارَتْ       ب. سَبَحَتْ       ج. جَرَتْ


B. Penilaian Diri



Jawablah pertanyaan-pertanyaan penilaian diri berikut ini dengan dengan memberi angka. (1) Sangat Baik, (2) Baik, (3) Cukup Baik, (4) Buruk, dan (5) Buruk Sekali.

Nama Peserta : …
Kelas : …
Mata Pelajaran : …
  1. Apakah anda sudah dapat menghafal kosa kata tentang perjalanan?
  2. Apakah anda sudah dapat menyebutkan kosa kata sulit dalam teks bacaan terkait topik yang dibacakan oleh guru?
  3. Apakah anda sudah dapat memahami teks bacaan terkait topik?
  4. Apakah anda sudah dapat membaca dengan baik dan benar teks bacaan terkait topik?
  5. Apakah anda sudah dapat melakukan percakapan/dialog terkait topik?
  6. Apakah anda sudah dapat menceritakan pengalaman perjalanan anda di waktu libur dalam bahasa Arab?


DAFTAR PUSTAKA


N, Sora. 2016. Pembahasan Pengertian Menyimak Dan Contohnya Umum. "Pengertian Apapun". http://www.pengertianku.net/2016/10/pembahasan-pengertian-menyimak-dan-contohnya.html. (Diunduh pada tanggal 4 Agustus 2019, pukul 20. 30 WIT).

Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian, Tujuan dan Tes Kemampuan Berbicara. "Kajian Pustaka". https://www.kajianpustaka.com/2013/06/pengertian-tujuan-dan-tes-kemampuan.html. (Diunduh pada tanggal 4 Agustus 2019, pukul 21.56 WIT)

Smart Kini. 2013. Pelajaran 4 Bahasa Arab (Perjalanan : الرحلة). “Blog Bahasa Arab”. http://smartkini.blogspot.com/2013/11/pelajaran-4-bahasa-arab-kelas-6.html, (Diunduh pada tanggal 4 Agustus 2019, pukul 19.00 WIT)

Wikipedia. Membaca. https://id.wikipedia.org/wiki/Membaca. (Diunduh pada tanggal 4 Agustus 2019 pukul 22.11 WIT)

Posting Komentar untuk "Bahan Ajar Bahasa Arab, Topik الرحلة (Perjalanan/Wisata)"